Dampak Penyebab Kanker Darah

Dampak Penyebab Kanker Darah – Kanker darah adalah salah satu penyakit kankerk yang banyak terjadi pada kalangan masyarakat. Jika penyakit ini sudah menyerang, maka nyawa Anda bisa menjadi taruhannya saat Anda tak segera mengatasinya. Penyakit kanker darah ini akan menyebabkan fibrinogen sulit menggumpalkan darah karena darah mengalir dengan derasnya.

Dampak Penyebab Kanker Darah

Dampak Penyebab Kanker Darah

Sehingga, ketika Anda luka dan mengeluarkan darah, darah akan sulit untuk berhenti. Akibatnya, Anda pun bisa mengalami kekurangan darah yang bisa saja menjadi faktor meregangnya nyawa Anda. Untuk itu, tak ada salahnya Anda menyimak informasi seputar gejala, penyebab, dan cara mengatasinya.

Gejala Penyakit Kanker Darah

Seperti yang tadi ditulis di awal, leukimia tidak memiliki gejala yang jelas, tidak ada satu gejala yang khas merupakan gejala leukimia. Namun demikian leukimia memiliki banyak gejala yang dapat membantu mendeteksi penyakit ini, tetapi karena gejalanya mirip penyakit biasa, maka sebaiknya harus selalu waspada supaya tidak kecolongan.

Ciri-ciri penyakit leukimia pada stadium awal yang mudah dikenali adalah saat penderita terluka dan lukanya berdarah. Jika yang terluka adalah orang normal, darah yang keluar dari tubuh akan segera menggumpal dan aliran darah yang keluar pun akan segera berhenti. Akan tetapi jika yang terluka dan berdarah adalah penderita leukimia atau kanker darah, aliran darah akan sangat sulit dihentikan. Gejala tersebut membuat penderita akan mengalami kekurangan sel darah merah atau anemia. Dan jika dilihat, darah yang dikeluarkan pun tidak berwarna merah pekat, melainkan berwarna merah muda.

Penderita leukimia saat masih dalam stadium awal biasanya akan sering mengalami mimisan atau pendarahan dari hidung. Penyebab mimisannya pun berbeda dengan yang dialami oleh orang normal yang tidak sakit leukimia. Pada umumnya mimisan bisa diakibatkan karena suhu badan yang sangat tinggi. Waktu terjadinya pun biasanya hanya singkat dan darahnya akan segera berhenti keluar. Akan tetapi pada penderita leukimia, mimisan akan sering terjadi dan tidak cepat berhenti, selain itu peristiwa mimisan ini akan disertai dengan rasa pusing yang sangat luar biasa. Jika ternyata selama ini Anda sering mimisan yang dibarengi dengan rasa pusing yang luar biasa, waspadai ciri-ciri penyakit leukimia tersebut dan segera periksakan kesehatan Anda ke dokter.

Gejala penyakit leukimia selanjutnya adalah penderita sering mengalami perdarahan hebat dari gigi dan gusinya. Mungkin pada umumnya ketika seseorang mengalami perdarahan pada bagian tersebut diakibatkan karena kekurangan vitamin C atau karena terkena benda asing dari luar. Darah yang keluar pun mudah dihentikan dan lukanya cepat sembuh. Akan tetapi jika seseorang menderita leukimia, perdarahan yang terjadi cukup sering terulang dan perdarahannya sulit untuk dihentikan karena darah juga sulit membeku.

Dampak Penyebab Kanker Darah

  1.  Paparan Kimia

Paparan bahan kimia berbahaya adalah salah satu faktor risiko utama dampak penyebab kanker darah. Bila memungkinkan, hindari situasi yang melibatkan bahan kimia berbahaya dalam kegiatan sehari-hari Anda. Ini mencakup dan tidak hanya terbatas pada pestisida, benzena (hadiah kimia dalam gas tanpa timbal), herbisida, dan insektisida.

Contoh yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari adalah aneka makanan yang Anda konsumsi. Sayur dan buah-buahan semua dikembangkan dengan penggunaan berbagai macam bahan kimia. Seperti penggunaan pupuk kimia, pembasmi hama dengan zat kimia, bahan pengawet, dan lain-lain.

And bisa sedikit menghindari dengan konsumsi bahan makanan secara alami, yaitu dengan mengonsumsi sayur dan buah organik. Walaupun harganya lebih mahal, tapi sayur dan buah organik bebas dari residu bahan kimia dan bernutrisi lebih tinggi daripada sayur dan buah konvensional atau nonorganik.

Jika Anda harus terkena bahan kimia, berusahalah untuk meminimalkan kontak dengan kulit secara langsung dan memakai masker untuk mencegah inhalasi (penghirupan zat kimia). Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun antiseptik.

  1.  Radiasi

Dampak penyebab kanker darah berikutnya adalah paparan radiasi yang mengenai tubuh secara kontinyu. Paparan radiasi tingkat tinggi juga merupakan faktor risiko umum dampak penyebab kanker darah.

Paparan radiasi ini tidak hanya mencakup individu yang terkena radiasi akibat dari pekerjaan (misalnya, Anda yang bekerja di pembangkit listrik tenaga nuklir), tetapi juga meliputi individu yang menjalani prosedur medis seperti kemoterapi dan terapi radiasi.

  1. Kebiasaan yang Tidak Sehat

Merokok dan mengonsumsi alkohol dalam jumlah tinggi merupakan salah satu dampak penyebab kanker darah berikutnya. Jika Anda mempunyai kebiasaan yang tak sehat ini, segeralah kurangi atau hentikan.

Cara Menghindari dari Dampak Penyebab Kanker Darah

  • Olahraga Teratur

Menurut American Cancer Society (ACS), olahraga teratur terbukti mampu mengurangi risiko kanker. ACS merekomendasikan minimal 30 menit per hari untuk berolahraga, dilakukan minimal lima hari per minggu. Latihan seperti jalan cepat, jogging, latihan kekuatan, atau berenang. 30 menit per hari adalah titik awal yang baik. Ingatlah bahwa latihan lebih banyak berarti lebih baik.

  •  Diet

Para ilmuwan juga mencatat bahwa diet yang sehat dapat membantu mencegah perkembangan kanker, termasuk kanker darah. Perbanyak mengonsumsi makanan kaya biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran, serta meminimalkan konsumsi lemak khususnya lemak hewan.

Jaga berat badan pada kondisi yang ideal atau normal. Ingat bahwa obesitas merupakan faktor risiko yang dapat meningkatkan peluang Anda terkena kanker. Anda juga bisa menghindari konsumsi makanan kaleng. Usahakan untuk lebih memilih makanan yang segar. Harusnya mengetahui dampak penyebab kanker darah dan cara menghindarinya, diharapkan Anda bisa lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan.

Dampak Penyebab Kanker Darah


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Kanker Darah and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.